contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Monday, October 24, 2011

Jakarta - Beragam jenis peredam kini semakin membanjir, seiring populasi mobil yang kian hari semakin bertambah volumenya. Ringkasnya, pilihlah peredam dengan material yang cukup ringan, agar bobot mobil tidak menjadi lebih berat.

Selain itu kemampuan meredam suara termasuk hawa panas mesti dicermati, supaya kabin bisa terasa lebih sejuk dan senyap.

Khusus buat varian Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, tersedia banyak pilihan. Mulai produk murmer sampai yang bermerek. Misal label Flex dan Alphasonik yang terbilang lebih terjangkau ketimbang produk branded macam Dynamat, Extreme Mat atau Vibrasystem.

Semisal produk Extreme Mat untuk lapisan peredam suara. Bahannya seperti gel namun tidak mengandung karet yang mirip dodol, seperti material peredam yang umumnya digunakan selama ini.

"Bobot lebih ringan sekitar 30% dari peredam umumnya," kata Andrie Wijaya dari Bassindo Mobile Audio Installer di Kelapa Gading, Jakut.

Selain bobot lebih ringan, karakter materialnya juga elastis namun tetap kuat merekat pada permukaan pelat panel yang akan dilapisi. Sementara lapisan
aluminiumnya berfungsi untuk menolak panas, untuk menjaga suhu kabin tetap sejuk di siang hari.

Untuk pemasangan, menurut Eddie Soesanto dari Cartens Autosound di Duta Mas Fatmawati, Jaksel, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan pemakai.

"Sekadar buat meredam suara dari luar, cukup menambah peredam pada pintu depan dan tengah. Kalau audio sudah upgrade memang idealnya melapis seluruh panel mulai lantai, sepatbor, firewall dan semua pintu termasuk backdoor," urai Eddie.

Paket yang tersedia juga beragam. Untuk pintu-pintu sekitar Rp 1-1,5 juta, seluruh lantai dibanderol Rp 2-3 juta, serta lapis full peredam seharga Rp 3-4 jutaan. Tarif ini tergantung dari merek produk yang dipakai, dan umumnya sudah termasuk ongkos pasang. (mobil.otomotifnet.com)

diambil dari

0

0 komentar:

Translator

Ngobrol Yuk...

Followers

Alexa

Statistik

Jago Mancing

Jago Mancing