contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Monday, October 24, 2011

Kamis Legi, 21 Agustus 2008

Buat sebagian orang, mobil adalah alat transportasi penting yang masuk dalam kelompok kebutuhan sehari-hari. Dan sama seperti kebutuhan yang lain, kebutuhan transportasi juga harus dibuat seirit dan se-efektif mungkin agar kantong Anda tidak menjadi tipis karenanya. Apalagi buat Anda yang memiliki mobil pribadi. Kalau tidak pintar-pintar meredam biaya operasionalnya, maka bukan tidak mungkin kondisi ekonomi Anda menjadi lebih besar pasak daripada tiang. Tapi, bagaimana cara melakukan penghematan biaya operasional mobil? Yuk, cari tahu disini.

Jangan memanaskan mesin terlalu lama
Kebiasaan memanaskan mesin mobil adalah tindakan yang tepat, tapi awas jangan terlalu lama memanaskannya. Karena bensin bisa terbakar sia-sia. Apalagi teknologi mobil sekarang tidak membutuhkan waktu pemanasan bermenit-menit. Jadi, panaskan saja secukupnya.

Jangan Memperlakukan mobil dengan kasar
Perlakukan mobil dengan halus dan lembut serta bawalah mobil Anda dengan kecepatan ideal dan stabil. Hal ini akan bisa menghemat bensin serta memperpanjang umur mesin, transmisi dan rem. Sebaliknya, kebiasaan ngebut dan ngerem berulang-ulang justru akan membuat bensin boros. Menurut Environmental Protection Agency USA, kecepatan paling ekonomis berkisar 40 km/jam hingga 100 km/jam.

Berhati-hatilah dengan roof rack
Hati-hati menempatkan barang di roof rack karena tindakan yang satu ini akan menyebabkan bensin menjadi lebih boros. Pasalnya, penempatan barang tersebut dapat menyebabkan terganggunya aliran udara sehingga mesin

Pilih bahan bakar yang tepat
Jika mobil Anda dirancang untuk memakai premium, maka belilah premium. Tapi, hati-hati dengan premium bertimbal. Pasalnya bensin ini cenderung menghasilkan timbunan kerak di ruang bakar dalam jangka panjang yang bisa merusak mesin.

Rawatlah Mobil secara teratur
Kebiasaan merawat mobil bisa menekan biaya operasional. Misalnya, mesin mobil yang tidak di tune up akan menyerap bensin 10 - 20% lebih banyak dari yang rajin dirawat. Begitu juga dengan pemeriksaan ban mobil. Ban yang kurang tekanan anginnya membutuhkan energi lebih besar untuk menggulirkannya.Oleh karena itu, cek ban minimal sebulan sekali pada kondisi dingin.Kebiasaan ini akan memperpanjang umur ban Anda.Intinya, pastikan mobil mendapat perawatan sesuai jadwalnya. Jika kemudian Anda mendengar atau merasakan suara, getaran dan bau yang berbeda, maka segeralah ditindaklanjuti sebelum semua kerusakan jadi merembet.

Tidak harus bengkel resmi
Bengkel resmi biasanya lebih mahal dari bengkel biasa. Jadi ada baiknya mencari bengkel biasa dengan mekanik berpengalaman dan profesional untuk melakukan perawatan rutin mobil anda. Tapi, jika memang kasus pada mobil Anda tergolong rumit, lebih baik manfaatkan bengkel resmi. Jangan lupa untuk menyimpan catatan perawatan mobil setiap kali mobil masuk bengkel. Pasalnya, catatan ini akan sangat berguna kelak bila mobil akan dijual kembali.

diambil dari : http://www.gudangmobil.com/index.php?nav=artikel&idAr=15

0

0 komentar:

Translator

Ngobrol Yuk...

Followers

Alexa

Statistik

Jago Mancing

Jago Mancing